Dewa Slide

Dewa Slide

Rabu, 26 November 2008

GUNUNG SAWAL

Gunung Sawal adalah salah satu icon Tatar Galuh Ciamis, sebuah kabupaten di ujung tenggara Propinsi Jawa Barat. Hal ini dibuktikan dengan dipakainya salah satu puncak di Gunung Sawal (Bongkok) sebagai bagian dari lambang Kabupaten Ciamis.

Secara geografis Gunung Sawal terletak pada 7'15'' LS dan 180'21''BT. Gunung ini dikelilingi oleh kecamatan Kawali dan Panjalu di sebelah utara. Cipaku dan Sadananya di sebelah timur. Cikoneng dan Sindangkasih di sebelah selatan serta Cihaurbeuti dan Panumbangan.

Topografis Gunung Sawal yang mencakup area kurang lebih 5.400 ha berbukit-bukit dan bergununung-gunung dengan tinggi antara 600 - 1764 mdpl. Puncak tertinggi di Gunung Sawal adalah Blok Karantenan dimana di blok ini ada Situs Borosngora yang berupa batu panjang dan kolam. Kawasan Gunung Sawal ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri Nomor 420/Kpts/Um/6/1979 tanggal 4 Juli 1979.

Gunung Sawal adalah salah satu kawasan strategis yang mempunyai multiflier effec luas. Beribu-ribu hektar sawah menggantungkan pengairannya dari gunung itu. Begitu juga dengan sektor perikanan dan PDAM Ciamis yang menjadikan sungai-sungai yang berhulu dari Gunung Sawal sebagi pemasok airnya.

Flora dan Fauna
Di kawasan gunung ini kita dapat menemukan berbagai jenis flora diantaranya: Teureup, Puspa, Saninten, Pasang dll. Babi Hutan, Meong Congkok, Macan Kumbang, Kancil, Kera, Lutung, Saeran, Lutung, Kera, Elang Jawa, Elang Lurik adalah Fauna yang menghuni Gunung Sawal.

Tempat yang menarik
Curug Tujuh di Sandingtaman, Lobang Timah (bekas tambang timah hitam pada jaman Jepang), Curug Tilu di Pasir Tamiang.

1 Komentar:

Pada 6 Maret 2013 pukul 23.59 , Blogger Wawan mengatakan...

Kayanya perlu diperlihatkan gambar/photo bekas tambang tersebut. Keangkeran yang tersebar boleh jadi bisa menjadi wisata karena eksistensi yang pernah memberikan kontribusi

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda