Minggu, 18 November 2012

RUUD GULLIT! FONDATION MAKER OF CHELSEA SUCCESS

Pada dekade 1990an Chelsea adalah klub medioker di Liga Inggris. Penghuni setia papan tengah yang nyaris kurang akrab dengan penggemar bola di Indonesia.  Ketertarikan saya dengan Chelsea awalnya karena faktor Ruud Gullit.  Selepas dari kiprah nya di Seria A Italia, Ruud Gullit mengadu kemampuan di Liga Inggirs yang saat itu masih kalah pamor dengan Seria A, Bundesliga, ataupun Liga Spanyol.  Pemain-pemain papan atas yang merumput di Liga Inggris masih dapat dihitung dengan jari. Gaya permainan tim-tim Inggris saat itu masih mengedepankan kick and rush!terhitung hanya liverpool mungkin yang sudah mulai memainkan sepakbola dengan gaya Eropa Daratan. Hijrahnya Ruud Gullit bagi banyak pengamat sepakbola tak ubahnya seperti perjudian dan pertaruhan nama besar.

Keberadaan Ruud Gullit di Chelsea membawa sebuah revolusi.  Gaya permainan  Chelsea lebih enak ditonton walaupun saat itu belum bisa bersaing dengan Liverpool, MU, Arsenal ataupun Hotspur.  Masih segar dalam ingatan manakala penulis diejek teman waktu Chelsea dibantai MU 4-0 dengan Ruud Gullit di dalamnya.  Selepas masa kepelatihan Glenn Hodle, Ruud Gullit naik pangkat menjadi coach player di Chelsea, pelatih yang merangkap jadi pemain. Ketika itu angin perubahan di Chelsea bertiup makin kencang. Mulailah eksodus pemain Italia ke Chelsea, Roberto Dimatteo (yang kelak jadi pelatih Chelsea), Gianluca Vialli serta Gianfranco Zola!




Tidak ada komentar:

Test CPNS

Kartu Peserta Test CPNS  Dulu test CPNS belum ada CAT (Computer Assisted Test), masih test manual menghitamkan lingkaran jawaban denga...