Dewa Slide

Dewa Slide

Kamis, 13 November 2014

Menjadi Pembicara Publik...Bakat atau....

Pernah terobsesi mampu berpidato seperti Ir. Soekarno. Pernah juga bermimpi berorasi seperti Adolf Hitler. Pernah juga ingin meniru gaya Gede Prama, Abdullah Gymnastiar atau memiliki kemampuan presentasi sekaliber Steve Jobs. Intinya ingin jadi pembicara publik yang baik. Mampu menyihir khalayak dengan untaian kosakata yang menghujam rasa atau bahasa tubuh yang menebar pesona.  Kemampuan itu apakah merupakan bakat alami atau skill yang dapat dilatih? Jawabannya pasti akan beraneka rupa, yang jelas kolaborasi antara bakat dan seringnya berlatih akan membuat public speaking anda semakin menakjubkan.

Berbicara di depan umum memang sesuatu yang tidak mudah.  Pengalaman yang akan membuat kita dapat menguasai panggung. Kita harus mempunyai kosakata yang mumpuni dan intonasi yang menarik. Kehilangan kata-kata, terkesima dengan disertai oleh keringat dingin merupakan pengalaman yang pernah kualami.  Hal itu terjadi karena kurang persiapan dan mental yang tidak siap atau terlalu siap.

Memberikan presentasi tentang suatu topik jelas butuh skill tersendiri. Selain kita harus menguasai topik, kepercayaan diri yang cukup mutlak dimiliki. Kalau masalah gaya, jadilah diri anda sendiri. Meniru yang sempurna hanya akan membuat anda tidak ada. Yang terpenting adalah anda harus mempunyai passion. Gairah tentang apa yang anda ucapkan. Satu hal lagi yang akan membuat materi yang anda sampaikan berbekas di hati khalayak adalah pembicaraan yang dari hati dan bukti (bersatunya kata-kata dengan perbuatannya).

Public Speakingku masih jauh dari sempurna. Masih memerlukan pendalaman dan jam terbang..!terus belajar kakak!tidak ada kata sempurna dan impossible is nothing!



Label: , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda