Dewa Slide

Dewa Slide

Senin, 11 Januari 2016

Ekspedisi Lobang Timah (1)


Cerita tentang adanya Lobang Timah di Gunung Sawal sudah sejak lama kudengar. Ketika kecil karung-karung berisi pasir hitam yang berkilau ketika diterpa cahaya dapat dijumpai di samping Gedung Bale Desa Sukamaju (dahulu dikenal dengan Cibaruyan) Cihaurbeuti Lobang Timah adalah area bekas penambangan timah hitam pada jaman penjajahan Jepang di Gunung Sawal. Konon tambang timah hitam ini satu-satunya di Indonesia. 

Sejak dulu besar keinginan untuk meyaksikan sendiri situs bekas tambang ini. Sebagai pituin Cibaruyan aneh rasanya hanya mengetahui daerahnya sebatas dari cerita dan pengalaman sumber sekunder. Tapi jujur saja, selain memerlukan fisik yang cukup prima Ekspedisi Lobang Timah juga butuh nyali! Seperti halnya gunung-gunung lain, Gunung Sawal masih menyimpan misteri dan mitos. Walau tidak terlalu luas dan tidak terlalu tinggi tapi cerita tentang pendaki yang tersesat masih sering terdengar. 

Akhirnya beberapa minggu yang lalu terlaksana juga petualangan ke Gunung Sawal. Saya menyebutnya "Ekspedisi Lobang Timah". Satu saat nanti ingin sampai ke situs tempat lobang-lobang penambangan timah berada. Bersama dua orang sahabat, Mang Aat Suwanto dan Kang Buche Hilman....petualangan menyusuri jejak sejarah, jejak geologis dan keragaman flora dan fauna Gunung Sawal bermula!


Label: , , , , ,

3 Komentar:

Pada 12 Januari 2016 pukul 17.08 , Blogger Suheryana Bae mengatakan...

Janten petualang yi ..







 
Pada 12 Januari 2016 pukul 20.12 , Blogger Syarif Thoyibi mengatakan...

Muhun pangeresa!tadabbur alam tidituna mah!

 
Pada 6 Januari 2017 pukul 02.34 , Blogger Unknown mengatakan...

kang...!!! explore curug cingembat ath..
terang dongeng ti sepuh mun digunung sawal aya curug cingembat tapi duka dimana
lebah2na..
abi lahir sakola SD dcipaku mung ti smp dugi ka ayeuna damel di bandung.
#jarangmudik

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda