Dewa Slide

Dewa Slide

Rabu, 24 Oktober 2018

Menggagas Wisata Kuliner Kadu Benteng

Kadu Benteng (sumber: FB Ryann Nazra)

Benteng sebagai salah satu kelurahan di Kecamatan Ciamis mempunyai keunikan kuliner yang potensial untuk dikembangkan. Selain salaknya, Durian (Kadu) Benteng atau yang lebih dikenal dengan Kadu Benteng merupakan salah satu jenis durian yang mempunyai rasa dan bentuk yang unik. Walaupun bukan durian jenis baru namun pohon durian yang secara endemik tumbuh di wilayah benteng selain usia pohonnya relatif tua juga budidayanya masih tradisional.

Bagi kalangan pencinta durian di Ciamis keberadaan Kadu Benteng telah lama di kenal. Kalau musim durian tiba (sekitar bulan Oktober sampai dengan Bulan  Februari) kita dapat dengan mudah menemukan durian Benteng di saung-saung pinggir jalan lingkar selatan atau bisa juga datang langsung pemilik pohon durian. Kita bisa dapat menikmati lezatnya Durian Benteng di kebun-kebun durian milik penduduk. Sebuah pengalaman yang menarik tentunya.

Potensi kuliner ini bisa dikembangkan sebagai wisata kuliner. Letak kawasan Benteng yang strategis dan akses jalan yang baik sangat mendukung upaya pengembangan wisata kuliner ini. Apalagi kalau Bendungan Leuwi Keris sudah beroperasi, wisata kuliner ini akan semakin mendapat daya dukung. Event kuliner juga dapat dipacking dalam bentuk festival. Keberadaan Jembatan Cirahong sebagai sebuah legenda sejarah juga dapat dijadikan daya tarik tersendiri.

Untuk mewujudkannya tentu perlu sinergi dan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Edukasi masyarakat penting dalam membangun sebuah kawasan wisata berbasis komoditas. Yang jelas potensi ini dapat dikembangkan untuk peningkatan kesejahteraan bersama.

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda