Share

Kamis, 13 April 2017

Revolusi Kopi Sobek (1)


Berbagai Jenis Kopi Sobek (sumber gambar moneydinheirovivo.blogspot.co.id)
Kisaran tahun 80an (ketahuan tuanya deh) kopi itu "Minuman Feodal". Hanya orang tertentu (baca orang kaya) yang suka nyicip kopi. "Leueuteun menak!", begitu kata Ibuku dulu. Kita baru dapat nyicip kopi ya kalo pas ada kendurian atau syukuran pernikahan. Itu juga kopinya encer banget! Takarannya ga pas! boro-boro pake rumus 2:1 (rumus default buat bikin kopi bagi pemula, dua sendok gula satu sendok kopinya), maklum yang penting cukup buat banyak orang. 

Dulu Kopi adalah "Minuman Mistis". Kopi Pait (Kopi Pahit; kopi yang diseduh tidak pake gula) adalah salah satu minuman yang biasanya ada dalam menu sesajen. Terkadan Kopi Pait suka diminta oleh orang yang kesurupan! Permintaan yang saat itu cukup merepotkan. Minum Kopi Pait juga kadang suka dilakukan pada Malam Jumat sehabis membaca Surat Yasin, Istilahnya "Ngiriman ka Karuhun Cenah"(Ngirim buat para leluhur yang sudah meninggal). Makanya orang yang suka kopi hitam apalagi tanpa gula suka disebut "Kawas Eyang Wae Maneh Mah! (Seperti Eyang/leluhur Saja Kamu). Tapi alhamdulillah sekarang mistis seputar kopi bisa dikatakan tidak ada, berkat pemahaman agama yang lebih baik dan adanya Kopi Sobek!. 

Dulu juga jarang hari-hari biasa kita bisa ngopi! Lha sekarang mah, bangun tidur ada yang langsung ngopi, di tempat kerja ngopi, sore dan malemnya ngopi juga. Jangan heran sekarang di desa-desa juga para pekerja baik petani, pekerja bangunan dan lain-lain harus disuguhin kopi. Termos sudah biasa kita lihat di sawah, kebun, proyek-proyek bangunan dan lain-lain!. Kenyataan itu salah satunya karena kehadiran Kopi Sobek!. 

Nongkrong-nongkrong ya biasanya ditemenin kopi. Ada yang sehari tiga kali ngopi, kaya minum obat. Kadang saya mikir 10 tahun ke depan mungkin penderita diabetes akan semakin banyak. soalnya ini sudah menyangkut perubahan pola asupan makanan dan minuman, perubahan gaya hidup! Asupan glukosa yang tinggi cukup berisiko bagi kesehatan terutama bagi yang sudah berusia 40 tahun keatas (ngingetin diri sendiri juga sih). Semua itu diantaranya karena adanya Kopi Sobek!.

Revolusi Kopi Sobek! Saya menambahkan kata revolusi karena perubahan drastis yang diakibatkannya. Murah dan praktis disertai aneka rupa dan rasa kopi. Dapat dipilih sesuai selera. Tapi ya itu, mayoritas kopi sobek tambahan gulanya rata-rata tinggi, walaupun sekarang ada yang gulanya belum dicampur sehingga dapat diatur sesuai selera. 

Kini muncul banyak tempat khusus minum kopi. Kafe, Gerai Kopi dan lain-lain sehingga ada istilah nyetarbak!Pernah dulu nyetarbak....."gulana geus ditinyuh kabeh tapi kopi teh pait wae...dipikir-pikir asa enak keneh kopi sobek, jaba kopi sobek mah bisa meunang dua runtuy! Samingguan tah pan kopi dua runtuy mah!"


Katumbiri


Asa geus lawas teu nyaksi katumbiri!
Salah sahiji bukti kawasa Gusti.....
Katumbiri teh ngandung falsafah hirup!
Biasana Katumbiri ngajirim mun aya hujan poyan!
Dua sipat anu patojaiyah.....nu hiji tiis nu hiji panas
Ngahiji....
Jadi pamandangan anu endah!
Nya meureun hirup ge kudu bersinergi lur!
sok sanajan pada beda,
beda pikir beda rasa
beda pola beda warna
beda kecap beda kalimat

#Meureun eta ge lur....meureun!

Sabtu, 01 April 2017

Jahim Pass

Jahim Pass
Setelah lapar takluk di tangan RM Pa Daeng ku pacu si legend menanjaki Tanjakan Jahim, Tanjakan di Kawasan Perbatasan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Majalengka. 

Tanjakan Jahim dari arah Majelengka
Setelah mata ini terhipnotis oleh indahnya pemandangan dan sejuknya udara membuat jiwa ini bertambah damai (cuih cuih....puisi kelas 4 SD) sampailah di Jahim Pass.  Nih Penampakan Google Maps nya.

Jadi ingat Puncak Pass atau Khyber Pass heheheh. Ya inilah celah yang membatasi Ciamis dan Majalengka. Dari arah kedua kabupaten kondisi jalan mulus berhotmix. Si legend disandar dulu sambil foto-foto. Eh ini ni penampakan Si Legend :

Motornya sih biasa, Sticker di bawah plat nomor yang luar biasa
Selepas Jahim Pass jalanan menurun tajam dan berkelok-kelok. Tidak terlalu besar jadi harus ekstra hati-hati. Di sebelah kanan ada Situs Batu Panjang. Dari sudut arkeologis, antropologis dan historis belum terdapat referensi yang komprehensif.

Situs Batu Panjang
Perjalanan hidup teh beurat bray! Nanjak tur Pinuh Tantangan. Makana ulah kokomoan teuing babawaan! Sagalah hayang diangkut!Di dunya ge gues beurat, komo di akherat!
Hari beranjak Siang. Tibalah di Sukamantri. Kawasan Agropolitannya Ciamis. Potensi besar menanti kerja keras kita bersama (siga kompanye).
Bale Desa Sukamantri

Kawasan Pertanian berpadu dengan Pemandangan yang indah

Bisa dikombinasikan dengan konsep Wisata Agribisnis




Mesjid Agung Sukamantri. Shalat Dzuhur dulu ah...... (Meh beuki kasep cenah)

Nyicip Lagi RM Pa Daeng


Ini kali kedua makan siang di Rumah Makan Pa Daeng. Tempatnya masih sederhana, masih ada gemericik air di pancuran, masih beralas tanah.....dan masih enak! nendang senendang-nendangnya. Menunya tidak unik, jajar pasar,  tapi rasanya memang mantaps! Lalapan Daun Sentrong nya.....luar biasa! Pas datang , Ibu penjualnya nawarin, "Bade pangdamelkeun sambel naon?". (mau dibikinin sambal apa?). "Sambel Tarasi atanapi Sambel Cikur!", "Sambel Tarasi we Bu Ah, Meh teu Tarasieunan, Tara Males Sholat, Tara Kurang Duit , Tara Dzolim ka Batur bhahahahah...berikut penampakannya! 
Pepes Ikan, Sambel Tarasi, Lalab Daun Sentrong, Keajaiban Dunia Ke 20

RM Pa Daeang Jahim Majalengka

Pemandangan Ke Arah Majalengka, Sawah Lega

Rest Area Mushola dan Tempat Parkir

Vieuw ke arah timur

View arah Sawah Lega

Mang Parkir! Hidup itu Sederhana! 2000 ge disuhun diembun-embunan!

Si Legend vs Tanjakan Jahim

Tempat Favorit Pelaku Moda Tansportasi Darat

Selasa, 28 Maret 2017

Pare Ciamis

Sawah Di Panawangan

Ku sabab kuring mah kaasup bulu taneuh, atuh ari pareng nempo pamandangan sawah teh sok katarik ati. Sawah teh bagian tina hirup jeung kahirupan urang Sunda. Sareatna ku pare hasil tatanen di sawah urang bisa dahar jeung sesana dijual keur nyubadanan kabutuhan hirup sejenna. Kudu loba syukur sing saha jalma anu ayeuna boga keneh sawah, boh sakotak, saluwuk komo nepi ka sabau mah! Mangrupakeuh hiji kabagjaan urang dahar tina hasil tatanen urang sorangan.

Baheula mah boga sawah teh salah sahiji tanda boga pangaboga. Beunghar kampung! Mun di kota jelema aya teh nu boga mobil, perhiasan jeung pausahaan ari dikampung mah pan ukuranan teh boga sawah, kebon jeung ingon-ingon! Hirup di kampung mah estu sederhana kacida, boga sawah, kebon, balong! teu susah hirup! tingal tekun ibadah bari ngumpul-ngumpul keur ka Mekah!

Ayeuna mah sawah (tani) teh siga kurang komara! Eleh dangiang ku usaha sejen. Akibatna nu ngagarap sawah beuki saeutik. Nu ngingu munding ayeuna mah bisa diitung ku ramo. Mun pas usum ngagarap sawah patani sok baringung, saha nu ek mopok, maculan jeung ngasakeun. Akibatna nunggu giliran ditraktor. 

Ningali pare anu ngemploh hejo, hate teh sok tentrem! Komo mun geus mimiti beukah jeung pare geus tungkul tanda pare geus ngeusi. Harepan panen mucekil teh beuki gede wae. Mun pare geus mangkak koneng bagja nataku, tereh panen jeung nyangu beas anyar. Mangkaning pare Ciamis mah kocap! Boga rasa anu mandiri! 

Sawah Meunang Ngagaru di Margajaya, Sukadana
Sawah Paculeun di Sukasetia Cihaurbeuti

Sawah Tas Ditanduran di Mekarbuana Panawangan

Beres Tandur (Sawah di Panawangan)
Gede Pare ( sawah di Cisaga)

Gede Pare (sawah di Jatinagara)

Gede Pare (Sawah di Cisaga)

Gede Pare (Sawah di Cisaga)

Gede Pare (Sawah di Cisaga)



Pare Beukah (Mekarbuana, Panawangan)

Pare Beukah (Mekarbuana, Panawangan)

Pare Beukah (Mekarbuana, Panawangan)


Pare Pibuateun (Kadupandak, Tambaksari)

Pare Pibuateun (Kadupandak, Tambaksari)


Pare Pibuateun Ayeuh (Kadupandak, Tambaksari)

Senin, 27 Maret 2017

Nyaba Ka Kampung Kuta


Alhamdulillah nepi oge lalakon teh ka Kampung Kuta. Geus lila sabenernya hayang nyorang teh, ngan karek akhir-akhir ieu bisa laksana. Di-guide-an ku Mang Anand sobat kuring nu dines di Tambaksari kuring dianteur kukurilingan. Manehna mah geus manukna daerah eta teh, katambah daerah eta kaasup daerah binaanana.


Kampung Kuta mangrupakeun hiji dusun di Desa Karang Paningal, salah sahiji desa di Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis, Kacamatan di Ujung Timur Laut Kabupaten Ciamis anu ngawates langsung jeung Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Kampung Kuta kaasup salah sahiji Kampung Adat, hal ieu dumasar kana kahirupan jeung panghirupan Urang Kuta anu masih nyekel pageuh tetekon budaya jeung adat istiadat buhun.  Meureun mun di Tasikmalaya mah rada mirip jeung Kampung Naga. Tapi di Kampung Kuta mah masih keneh muka lolongkrang asupna hal anyar, saperti alat transportasi oge alat komunikasi jeung nu sejenna.
Gapura Kampung Kuta






Nyulusur sejarah jeung kaayaan geografis Kampung Kuta sok asa jauh panineungan. Sok ras kana diri. Hawa nu sejuk jeung tatangkalan anu masih keneh rajeg nuturusan tentremna hate. Nyawang  jaman baheula di Saung Panyawangan dipirig ku seahna Walungan Cijolang estu matak poho kana lalangse hate. Bangblas bari tumamprak sabada ikhtiar. 

Pamandangan ti Saung Panyawangan

Jumat, 24 Maret 2017

Pasir Ipis

Pasir Ipis dari arah pandang Cihaurbeuti
Pasir Ipis adalah legenda. Konon dulu adalah tempat persembunyian Pasukan DI/TII, Gorombolan kalau orang tua kami bilang. Sehingga kurun waktu akhir tahun 1950an sampai 1962an sering disebut jaman Gorombolan atau jaman ngungsi. Jangankan bagi para sejarawan bagi kami sendiri DI/TII sendiri banyak versi. Siapa dan seperti apakah DI/TII. Belum lagi banyaknya faksi di dalam organisasi DI/TII sendiri.  Namun yang jelas bagi mereka yang mengalami jaman itu adalah jaman yang serba salah. Harus terlihat senetral mungkin! karena kalau terlihat memihak tentara malamnya akan menjadi sasaran Gorombolan dan kalau terlihat memihak Gorombolan, siangnya akan menjadi sasaran tentara. 

Suasana di Puncak Pasir Ipis (sumber foto: FB Didin G-Boy
Pasir Ipis adalah salah satu bukit di Kawasan Gunung Sawal, dapat ditempuh 2,5 jam dari Dusun Buniasih Tonggoh, salahsatu Dusun di Desa Cihaurbeuti Kecamatan Cihaurbeuti. Selain aspek sejarah, hal lain yang menarik dari Pasir Ipis adalah adanya mengger (punggung) bukit yang oyag (bergoyang-goyang).  Menegangkan kata yang sudah pernah ke sana. Apalagi kalau angin bertiup kencang. Duh pengen nyoba adventure neh, tapi napas ma lutut kuat ga ya!