Jumat, 01 Maret 2019

Serba Positif


Pikiran yang positif
Lingkungan yang positif
Kehidupan yang positif

Quote itu didapat disebuah ruang tunggu klinik spesialis. Di Kota Tasikmalaya. Intinya dalam berbagai hal kita harus  positif. Mendapat asupan yang positif dan memberikan output yang positif.

Walaupun susah dan hampir mustahil, tapi kita harus berusaha. Kita tidak hidup di ruang vakum. Kita berinteraksi dengan berbagai macam ragam sifat dan perilaku manusia. Berbaur antara yang positif dan negatif.

Kuncinya adalah bagaimana kita mengelola pikiran. Menjadikannya semacam saringan/filter. Dengannya diharapkan tidak mengganggu proses dalam tubuh kita. Keluaran yang diharapkannya pun positif. Setidaknya ucapan, pikiran dan tindakan kita tidak merepotkan orang lain.

Mengharapkan kita mendapat input dan reaksi yang sesuai dengan keinginan kita tentu mustahil. Berusaha untuk mengolah setiap input dan reaksi yang kita dapat dengan berusaha memaknai dan mempelajari adalah sebuah perjuangan.

Pikiran adalah sumber energi dan motivasi pun juga dapat menjadi sumber pernyakit. Berbahagialah mereka yang dapat mengelola pikiran secara bijaksana. Memikirkan apa yang memang perlu dipikirkan. Pikiran yang tidak terlalu hidup di masa lalu dan terlalu cepat untuk hidup di masa depan.

Pikiran yang mampu menjalani hidup dengan riang gembira.
Jiwa yang mampu memberi reaksi yang wajar atas setiap jenis takdir, senang atau susah
Jiwa pemaaf yang mampu memaafkan setiap orang, setiap perlakuan dan setiap kejadian!
Jiwa yang senantiasa mampu berdamai dengan kenyataan....

Tidak ada komentar:

Bangsa yang Kejam

Tak sampai nalarku untuk mengerti mengapa di era modern dimana konon peradaban sedemikian maju ada entitas bangsa yang berlaku demikian barb...