Kamis, 16 Desember 2021

Sudah Lebih dari Cukup, Pak!


Berdialog dengan seorang pejabat pimpinan tinggi yang sedang menempuh program doktoral!
 "Ayo lanjut S3!".
Sudah cukup S2 saja pak.
Jenjang magister sudah sangat mewah bagi saya.
I'm nothing.
saya bukan siapa-siapa.
sampai titik inipun sebenarnya sudah melebihi titik ekspektasi.

Bukan tak ingin.
Malah saya bermimpi ingin sekolah di luar negeri.
Namun banyak faktor penghambatnya.
Kondisi kesehatan!
Keuangan!
Dan kinerja otak rasa-rasanya sudah mulai menurun. 

Lagian apa lagi yang saya cari.
Saya sudah merasa mendapat apa yang dulu jadi mimpi.
Sebenarnya ketika kita meningkatkan strata pendidikan
makan makin berat juga tanggung jawabnya.
priviledge yang kita dapat dari gelar akademik kita
harus sebanding dengan kontribusi keilmuan yang kita dapat.
Tingkat pendidikan itu bukan untuk gengsi!
apalagi sekedar tuntutan profesi!

Tidak ada komentar:

Kemarau Mungkin Menjelang

Suhu udara malam hari sudah ada dingin-dinginnya. Gemintang mulai sering terlihat di langit malam. Melalui running di televisi, Mei-Agustus ...