Jumat, 09 November 2012

Embedded Journalism, Masih Layakkah Jadi Indikator Demokrasi

Kata siapa media massa sekarang bebas dan steril dari politik!Bahkan ada media dan grup media yang jelas-jelas pemiliknya merupakan aktifis partai politik!Dengan kondisi ini masih berhakah media memegang peran sebagai salah satu unsur demokrasi yang kelima!Ketika para pemiliknya punya agenda politik dan kepentingan politik, masih layakkah kita mengharap adanya berita dan opini yang netral!
Di alam kapitalis!uang adalah panglima!pencitraan butuh uang, pemilu butuh uang, mendirikan partai butuh uang!....mungkin cuma nurani yang tidak bisa dibeli dengan uang!
Dengan kondisi ini jelas terlalu naif jika kita 100% mempercayai berita dari media massa!senaif dewan redaksi atau tim produksi jika berani mengeluarkan berita atau membuat sebuah acara yang merugikan kepentingan pemilik media!
Benar, yang berkuasa hari ini adalah mereka yang menguasai informasi.
Intinya kita harus tahu siapa mereka yang ada dibelakang stasiun TV A, TV B, TV C!Koran X, Koran Y, Koran Z!
Manifestasi kepentingan politik tidak harus selalu berbentuk Partai Politik!Kepentingan politik dapat berwujud sebuah LSM, Organisasi Kemasyarakatan, TV, Koran, Majalah!...be smart!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

numpang lewat nyakkkkk
http://septafiansyah.wordpress.com/

Bangsa yang Kejam

Tak sampai nalarku untuk mengerti mengapa di era modern dimana konon peradaban sedemikian maju ada entitas bangsa yang berlaku demikian barb...