Senin, 22 September 2014

Generasi Sumpah Serapah

Entah kenapa anak cikalku mendesak terus beli layangan. Kemarin, mulai dari bangun tidur terus ngoceh nanyain kapan dibeliin. Akhirnya sehabis ashar bermodal Rp. 10.000, 00 kami dapat tali layangan (kenur) beserta tempatnya (gogolong) dan 2 buah layangan ukuran kecil. Walaupun ragu akan kemampuan diri nerbangin layangan tapi demi anak tercintah ya gimana lagi.

Tiba di sawah yang mengering karena kemarau kami mulai beraksi. Di sekeliling kami juga banyak anak-anak yang lagi bermain layangan. Di daerah saya (Sukamaju Cihaurbeuti) bermain layangan istilahnya adalah meras. Istilah yang rumit untuk diartikan. Karena hari beranjak senja angin mulai tidak teratur. Layangan kami ga terbang-terbang (atau memang aku ga bisa maininnya ya). Sumpah serapah kudengar jelas dari anak di samping yang layangannya juga turun kembali. Dengan kata-kata kasar memaki angin dan menyalahkan layangannya.  Trenyuh dan mengurut dada! Pendidikan ternyata tak mampu merubah mereka. Generasi pemarah yang terbiasa hidup mudah dengan belaian siaran tv dan playstation.

Pelajaran hari ini:mayoritas bangsa ini memang kurang shabar dan kalau gagal cenderung menyalahkan yang lain.

Tidak ada komentar:

Bangsa yang Kejam

Tak sampai nalarku untuk mengerti mengapa di era modern dimana konon peradaban sedemikian maju ada entitas bangsa yang berlaku demikian barb...