Selasa, 02 Februari 2016

Ibu Tua di Pinggir Jalan

Ketika tiba di pembatas tengah jalan di bilangan Alun-Alun Ciamis, tiba-tiba ada ibu yang memanggil. "Minta ditemanin nyebrang mungkin, "gumanku. Ketika ditawarin nyebrang dia malah justru cerita bahwa dia dari Banjar dan akan ke kantor Taspen untuk mencairkan pensiun. Intinya dia tidak punya ongkos. "Berapa bu?''. Dua puluh ribu, pak!, Saat itu kebetulan aku sedang tidak memegang uang. Ada keinginan untuk memberi walaupun kemudian timbul keraguan. Jadi muncul su'udzon!. 

Benarkah ibu-ibu tua itu akan mengambil uang pensiun ke Taspen?. Kalau mau ke Taspen berarti kan baru akan pensiun. Tapi prediksiku ibu itu usianya sudah lebih dari 65 tahun dari tongkrongannya bukan guru dari dosen. Jangan-jangan itu hanya modus untuk mencari uang! Soalnya pernah ada ibu-ibu yang minta uang karena kehabisan ongkos. Kebetulan ada, dikasih sekedarnya. Eh beberapa hari kemudian saya melihat dia masih di seputaran kota Ciamis. Wah modus ini mah! Dalam kondisi seperti inilah kadang hasrat menolong kita berada di persimpangan. 

Tidak ada komentar:

Bangsa yang Kejam

Tak sampai nalarku untuk mengerti mengapa di era modern dimana konon peradaban sedemikian maju ada entitas bangsa yang berlaku demikian barb...