Rabu, 02 Januari 2019

2018


Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk menjalani hari. Menapaki warsa 2019. Apapun keadaan hidup dan kehidupan tetap ingin tetap hidup dan berkehidupan.

Ku tutup mata, sejenak merenungi perjalanan ini. Sudah empat puluh tahun lebih. Uban dikepala banyak bermunculan, belum lagi rambut yang perlahan tapi pasti mulai menghilang. Sudah cukup tua diri ini, tapi jiwa terkadang tidak merasa tua. Masih jiwa yang perlu pendewasaan baik dari segala segi.

Tahun 2018 merupakan tahun yang penuh dinamika dan warna. Pada tahun ini ujian hidup terasa sekali. Walaupun masih bisa beraktifitas tapi dalam beberapa keterbatasan. Tidak sebugar dulu. Tapi kuterima dengan penuh syukur. Terus berikhtiar mudah-mudahan masih diberi kesempatan untuk memberikan manfaat bagi sesama.

Sakit ini pembelajaran yang luar biasa. Media intropeksi yang hebat. Ujian keimanan yang fundamental. Mudah-mudah sakit ini menjadi barokah dan aku bisa melewatinya dengan selamat.

Empat puluh tahun lamanya diberi kenikmatan sehat. Tapi terkadang dilupakan. Hampir semua keinginan diberi jalannya oleh Alloh SWT. Pekerjaan di daerah sendiri, Istri yang sholehah...(jangan ge er ya Neng Ima Siti Rohimah hehehehe), anak-anak yang menjadi penghias pandangan, bepergian kesana kemari, menuntut ilmu kesana kemari.... dan berbagai nikmat yang tidak mungkin dihitung dan dinilai. Sungguh tak pantas protes kepada Alloh SWT atas dikuranginya nikmat kesehatan ini. Jauh masih banyak kasih sayang-Nya yang tercurah.

Sakit ini bagai kawah candradimuka keimanan. Kembali merenungi eksistensi diri. Peringatan atas segala hal yang telah menyimpang. Meninjau kembali rencana-rencana duniawi yang daftarnya telah begitu panjang.

salah satu lessson learningnya adalah " ketika satu sisi dalam hidupmu ditambahkan maka ada satu sisi yang dikurangkan"

Alhamdulillah ya Allah hidupku penuh dinamika dan warna. Saya terima dengan sepenuh syukur. (@iskan_dahlan)

Tidak ada komentar:

Bangsa yang Kejam

Tak sampai nalarku untuk mengerti mengapa di era modern dimana konon peradaban sedemikian maju ada entitas bangsa yang berlaku demikian barb...