Akhirnya selesai juga gelaran acara Gerak Jalan Sehat dalam rangka HUT Emas Smandatas, alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Dua jempol buat jajaran panitia dan semua pihak yang telah mendukung acara ini. Walau kontribusi saya cuma do'a dan harapan, tapi ya ikut senang juga. Melihat antusias teman-teman alumni (akang-akang, teteh-teteh dan ade-ade) ikut memberi aura positif, agar hidup tetap semangat dan optimis.
Disela Pelaksanaan Gerak Jalan Sehat dalam rangkaian HUT Emas Smandatas bertemu dengan Kang Ismail Hakim. Sudah lebih dari dua dekade tidak bertemu. Ia adalah kakak kelas sekaligus kakak Kang Irwan Nurwandi, sahabat saya semenjak SMP. Sambil menikmati Bubur Ayam Dadaha (ini biasanya jadi menu kalau kita praktek renang di Dadaha) kita ngobrol panjang. Berdiskusi tentang kehidupan. Sebagai sesama birokrat kita berbagai tentang harapan. Prinsip hidup yang relatif sama tentang sebuah nilai hakiki membuat obrolan semakin intens.
Hal penting yang dapat digarisbawahi dari sharing tersebut tentang bagaimana kita bisa berperan dalam perbaikan organisasi. Beliau bercerita tentang metamorfosa di tempat kerjanya, sebuah instansi di lingkup Kementerian Keuangan. Dulu di intansinya, orang yang tidak mau menerima "sesuatu" di luar penghasilan resmi dianggap orang aneh [jadi ingat aku juga sepertinya pernah dianggap orang aneh, walau aneh yang lain hehehehe], dan sekarang orang yang mau menerima "sesuatu" di luar penghasilan resmi dianggap orang aneh justru disebut orang aneh.
Kita juga diskusi panjang tentang reformasi birokrasi. Lesson learnt-nya adalah kompensasi yang berupa materi tidak akan serta merta membuat kinerja menjadi meningkat dan perilaku koruptif pergi menjauh. Konon reformasi birokrasi yang berbasis kompensasi materi di instansinya pernah mengalami kegagalan. Padahal proses reformasi birokrasi di Kementerian keuangan telah berjalan mulai dari tahun 2002.
Satu hal yang jangan dilupakan dalam implementasi reformasi birokrasi adalah menyentuh sisi spiritual pegawai. Organisasi harus mampu menyentuh hati SDM yang ada didalamnya. Menyentuh sisi terdalam nurani seorang manusi, kesadaran akan tanggung jawab termasuk didalamnya pertanggunjawaban di hadapan Mahkamah Robbaniyah!. Kemampuan menata hati akan membuat kita bekerja lebih ikhlas, nyaman dan tidak bergantung materi. Ia juga berpesan tentang bagaimana memanfaatkan setiap momen untuk berdakwah dan menularkan virus positif ke lingkungan.
Absen secara elektronik merupakan awal dari implementasi reformasi birokrasi. Mekanisme ini akan memaksa pegawai tetap berada di lingkungan kerja. Setelah presensi optimal barulah kita berbicara pembagian kerja. Persoalan saat ini bukan kekurangan pegawai, tapi ada orang yang overload dan banyak pegawai yang melalui hari tanpa output yang jelas. Tidak ada yang tak mungkin, impossible is nothing!