Rabu, 22 Januari 2020

Dua Hari Di BPSDM Provinsi Jawa Barat


Kembali berkesempatan mengunjungi BPSDM Provinsi Jawa Barat.
Berkat pertolongan dan bantuan Alloh tentunya.
Terakhir kesini akhir tahun 2018, ada seminar nasional.
Sekarang acaranya Rapat Kerja Ikatan Widyaiswara Propinsi Jawa Barat dan Pemaparan Karya Tulis Ilmiah.

Sudah banyak yang berubah.
Ada gedung baru yang dulu masih dibangun.
Gedung kantor baru di bundaran masuk.
sementara Tower A dan B berdiri megah.
Gedun BPSDM Provinsi Jawa Barat
Menginap di Tower A. Fasilitas layaknya hotel berbintang.
Sarana dan prasarananya lengkap.
Sangat mendukung untuk kelancaran proses pendidikan dan pelatihan.
Sudah bukan jamannya lagi pendidikan dan pelatihan ASN di tempat kurang representatif.
Kecuali untuk diklat dengan tujuan dan sasaran tertentu.

Tower A (Kanan) dan Tower B (Kiri) BPSDM Jabar Cipageran Cimahi
Salah satu permasalahan birokrasi kita adalah kompetensi aparatur.
perlu dipetakan, dianalisis dan dikembangkan.
Ia adalah ujung tombak.
Eksekutor kebijakan di berbagai tingkatan.

ASN masa kini adalah ASN yang profesional
ASN yang profesional, pada ranah keprofesionalannya pasti loyal.
Dunia sudah berubah,  kini birokrasi terdisprusi.
Cara kerja, cara pandang dan cara pikir dituntut berubah.

Sumber daya manusia adalah aset utama.
Birokrasi yang baik tercipta dari aparatur yang baik
aparatur yang baik lahir dari diklat yang baik.

Tanpa itu SmartASN hanya akan sebatas gimick dan tagline.

Minggu, 05 Januari 2020

Prabu Siliwangi dan Mitos Maung dalam Masyarakat Sunda (2)


Harimau Jawa (sumber: independent.co.uk)
Oleh: Hiski Darmayana (Alumni Antropologi FISIP Universitas Padjadjaran)
Kekeliruan Tafsir
Bila kita telusuri secara mendalam, niscaya tidak akan ditemukan bukti sejarah yang menghubungkan Prabu Siliwangi atau Kerajaan Pajajaran dengan Simbol Harimau. Adapaun yang mengatakan bahwa harimau pernah menjadi simbol Pajajaran adalah salah satu tokoh Sunda sekaligus orang dekat Otto Iskandardinata (Pahlawan Nasional), Dadang Ibnu. Tetapi lagi lagi, tidak ada bukti sejarah Sunda yang dapat memperkuat hipotesa ini, baik itu Carita Parahyangan, Siksakanda Karesian, ataupun Wangsakerta. Bahkan mengenai lambang Kerajaan Pajajaran pun masih debatable, karena ada beragam versi lain yang mengemuka menyangkut lambang Pajajaran. [2]
Problem lain yang muncul berkaitan dengan kebenaran sejarah “maung Siliwangi” tersebut ialah rentang waktu yang cukup jauh antra masa ketika Prabu Siliwangi hidup dan memerintah dengan runtuhnya Kerajaan Pajajaran yang dalam mitos maung berakhir dengan penjelmaan Siliwangi dan pra pengikut Pajajaran menjadi harimau di Hutan Sancan. Penting untuk diketahui bahwa secara etimologi, Siliwangi yang terdiri dari dua suku kata yaitu Silih (pengganti) dan Wangi, bermakna sebagai pengganti Prabu Wangi. Menurut para pujangga Sunda masa lampau, Prabu Wangi merupakan julukan bagi Prabu Niskala Wastukancana yang berkuas di Kerajaan Sunda-Galuh (ketika itu belum bernama Pajajaran) pada tahun 1371 -1475. Lalu, nama Siliwangi yang berarti pengganti Prabu Wangi merupakan julukan bagi Prabu Jayadewata, cucu Prabu Wastukancana. Prabu Jayadewata yang berkuasa pada periode 1482-1521 Masehi dianggap mewarisi kebesaran Wastukancana oleh karena berhasil mempersatukan kembali Sunda-Galuh dalam satu naungan Kerajaan Pajajaran[3]. Sebelum Prabu Jayadewata berkuasa, kerajaan Sunda-galuh sempat terpecah. Putra Wastukancana (sekaligus ayah Prabu Jayadewata), Prabu Dewa Niskala, hanya menjadi penguasa kerajaan Galuh.
Dipersatukannya kembali Sunda dan Galuh oleh Jayadewata, membuat beliau dipandang mewarisi kebesaran kakeknya, Prabu Wastukancana alias Prabu Wangi. Maka, para sastrawan atau pujangga Sunda ketika itu memberikan gelar Siliwangi bagi Prabu Jayadewata. Siliwangi memiliki arti pengganti atau pewaris Prabu Wangi. Jadi, raja Sunda Pajajaran yang dimaksud dalam sejarah sebagai Prabu Siliwangi adalah Prabu Jayadewata yang berkuasa dari tahun 1482-1521.
Lalu kapan sebenarnya Kerajaan Pajajaran Runtuh? Apakah pada masa Prabu Jayadewata atau Prabu Siliwangi? Ternyata, sejara mencatat ada lima raja lagi yang memerintah sepeninggal Prabu Jayadewata[4]. Berikut ini adalah periodisasi pemerintahan raja-raja Pajajaran pasca wafatnya Jayadewata alias Siliwangi :
1.      Prabu Surawisesa (1521-1535)
2.      Prabu Ratu Dewata (1535-1543)
3.      Ratu Sakti (1543-1551)
4.      Prabu Nilakendra (1551-1567)
5.      Prabu Raga Mulya (1567-1579)
Pada masa pemerintahan Raga Mulya lah, tepatnya 1579, kerajaan Pajajaran mengalami kehancuran akibat serangan pasukan Kesultanan Banten yang dipimpin Maulana Yusuf[5]. Peristiwa itu tercatat dalam Pustaka Rajyarajya Bhumi Nusantara parwa III sarga I halaman 219, sebagai berikut :
Pajajaran sirna ing bhumi in ekadaci cuklapaksa Wesakhamasa saharsa punjul siki ikang cakakal (Pajajaran lenyap dari muka bumi tanggal 11 bagian terang bulan Wesaka tahun 1501 Saka atau tanggal 8 Mei 1579).
Kemudian bagaimana nasib Prabu Mulya? Sumber yang sama menyatakan bahwa Prabu Raga Mulya beserta pengikutnya yang setia tewas dalam pertempuran mempertahankan ibukota Pajajaran yang ketika itu telah berpindah ke Pulasari, kawasan Pandeglang sekarang. Fakta sejarah tersebut menunjukkan bahwa keruntuhan Kerajaan pajajaran terjadi pada tahun 1579 tau 58 tahun setelah Prabu Siliwangi wafat. Berarti Prabu Siliwangi tidak pernah mengalami keruntuhan kerajaan yang dipersatukannya. Raja yang mengalami kehancuran kerajaan Pajajaran adalah Prabu Raga Mulya yang merupakan keturunan kelima Prabu Siliwangi atau janggawareng [6]nya Prabu Siliwangi. Sementara Prabu Raga Mulya sendiri gugur dalam perang mempertahankan kedaulatan negerinya dari agresi Banten. Jadi, raja Pajajaran terakhir ini memang nga-hyang, namun bukan menjadi maung sebagaimana diyakini masyarakat Sunda selama ini melainkan gugur di medan tempur. Dari serangkaian bukti sejarah tersebut dapat disimpulkan bahwa mitos penjelmaan Prabu Siliwangi dari sisa-sisa prajurit Pajajaran menjadi harimau sekedar mitos bukan fakta sejarah.
Bila bukan fakta sejarah, darimana sebenarnya mitos maung yang selalu melekat pada kisah Siliwangi dan Pajajaran itu berasal? Pertanyaan ini dapat menemukan titik terang bila meninjau laporan ekspedisi seorang peneliti Belanda, Scipio, kepada Gubernur Jenderal VOC, Joanes Camphuijs, mengenai jejak sejarah istana Kerajaan Pajajaran di kawasan Pakuan (daerah Batutulis Bogor sekarang). Laporan penelitian yang ditulis pada tanggal 23 Desember 1687 tersebut berbunuai,”dat hetselve paleijs en specialijck de verheven zitplaets van den getal tijgers bewaakt ent bewaart wort”, yang artinya bahwa istana tersebut terutama sekali tempat duduk yang ditinggikan untuk raja “Jawa” Pajajaran sekarang masih berkabut dan dijaga serta dirawat oleh sejumlah besar harimau. Bahkan kabarnya salah satu anggota tim ekspedisi Scipio pun menjadi korban terkaman harimau ketika sedang menjalankan tugasna.
Temuan lapangan ekspedisi Scipio itu mengindikasikan bahwa kawasan Pakuan yang ratusan tahun sebelumnya merupakan pusat kerajaan Pajajaran telah berubah menjadi sarang harimau. Hal inilah yang menimbulkan mitos-mitos bernuansa mistis di kalangan pendudukan sekitar Pakuan mengenai hubungan antara keberadaan harima dan hilangnya kerajaan Pajajaran. Berbasiskan pada laporan Scipio ini, dapat disimpulkan bahwa mitos maung laihr karena adanya kekeliruan sebagian masyarakat dalam menafsirkan realitas.
Sesungguhnya, keberadaan harimau di pusat kerajaan Pajajaran bukanlah hal yang aneh, mengingat kawasan tersebut sudah tidak berpenghuni pasca ditinggalkan sebagian besar penduduknya di penghujung kekuasaan Prabu Nilakendra—ratusan tahun sebelum tim Scipio melakukan ekspedisi penelitian [7]. Sepeninggal penduduk dan petinggi kerajaan wilayah Pakuan berangsur-angsur menjadi hutan. Bukanlah suatu hal yang aneh bila akhirnya banyak harimau bercokol di kawasan yang telah berubah rupa menjadi leuweung tersebut.
Kesimpulan
Mitos maung yang dilekatkan pada sejarah Prabu Siliwangi dan Kerajaan Pajajaran pun sudah terpatahkan oleh serangkaian bukti dan catatan sejarah yang telah penulis uraikan. Memang sebagai sebuah sistem simbol, maung telah melekat pada kebudayaan masyarakat Sunda. Simbol dan mitos maung juga menyimpan filosofi serta berfungsi sebagai sistem pengetahuan masyarakat berkaitan dengan lingkungan alam. Hal demikian tentu harus kita apresiasi sebagai sebuah kearifan lokal masyarakat Sunda.
Namun sebagai sebuah fakta sejarah, identifikasi maung sebagai jelmaan Prabu Siliwangi dan pengikutnya merupakan kekeliruan dalam menafsirkan sejarah. Hal inilah perlu diluruskan agar generasi berikutnya, khusunya generasi baru etnis Sunda tidak memiliki persepsi yang keliru dengan menganggap mitos maung siliwangi sebagai realitas sejarah.
Kekeliruan mitos maung hanya salah satu dari sekian banyak “pembengkokan” sejarah di negeri ini yang perlu diluruskan. Hendaknya kita jangan takut menerima realitas sejarah yang mungkin berlawanan dengan keyakinan kita selama ini, karena sebuah bangsa yang tidak takut melihat kebenaran masal lalu dan berani memperbaikinya demi melangkah menuju masa depan akan menjelma menjadi bangsa yang memiliki kepribadian tangguh. Terima kasih.
Catatan kaki:
[1] Kisah mengenai wangsit ini telah menjadi semacam kisah yang sifatnya “tutur tinulas” dari generasi ke generasi dalam masyarakat Sunda. Sehingga sulit dilacak dari mana sebenarnya cerita mengenai wangsit ini bermula.
[2] sebagian kalangan berkeyakinan lambang Pajajaran adalah burung gagak (kini menjadi lambang salah satu perguruan silat di Jawa Barat, Tajimalela). Sementara ada pula yang berpendapat bahwa gajah adalah simbol Pajajaran yang sebenarnya.
[3] Nama Siliwangi sudah muncul di Kropak 630, semacam karya sastra Sunda Berjenis pantun pada masa Prabu Jayadewata berkuasa. Seperti hal nya nama Prabu Wangi, Siliwangi juga diciptakan oleh para pujangga Sunda sebagai julukan atau gelar bagi Prabu Jayadewata. Selain Siliwangi, Prabu Jawadewata juga mendapat gelar lain, yakni Sri Baduga Maharaja.
[4] Terdapat dalam naskah Carita Parahyangan. Naskah ini mendokumentasikan kehidupan kerajaan Sunda-Galuh hingga Pajajaran dari berbagai aspek, seperti politik dan ekonomi.
[5] Maulana Yusuf tiada lain adalah keturunan Prabu Siliwangi dengan Nyi Subanglarang
[6] Janggawareng merupakan istilah bagi keturunan kelima dalam sistem kekerabatan Sunda
[7] Hal ini diceritakan dalam naskah Carita Parahyangan. Migrasi besar-besaran tersebut dilakukan untuk menghindari serangan Pasukan Banten yang sangat gencar. Sementara strategi pertahanan Prabu Nilakendra amat lemah dan tidak mampu membendung agresi Banten.


Prabu Siliwangi dan Mitos Maung dalam Masyarakat Sunda (1)

Harimau Jawa (sumber: independent.co.uk)
Oleh: Hiski Darmayana (Alumni Antropologi FISIP Universitas Padjadjaran)
Dalam khasanah kebudayaan masyarakat tatar Sunda, maung atau harimau merupakan simbol yang tidak asing lagi. Beberapa hal yang berkaitan dengan kebudayaan dan eksistensi masyarakat Sunda dikorelasikan dengan simbol Maung, baik itu simbol verbal maupun non verbal seperti nama daerah (Cimacan), simbol Komando Daerah Militer (Kodam) Siliwangi, hingga julukan bagi klub sepakbola kebanggaan Kota Bandung (Persib) yang sering dijuluki Maung Bandung. Lantas, bagaimana asal muasal melekatnya simbol maung pada masyarakat sunda? Apa makna sesungguhnya dari simbol hewan karnivora tersebut?
Maung dan Legenda Siliwangi
Dunia keilmuan antropologi mengenal teori sistem simbol yang diintrodusir oeleh Clifford Geertz, seorang antropolog Amerika. Dalam bukunya yang berjudul Tafsir Kebudayaan (1992), Geertz menguraikan makna dibalik sistem simbol yang ada pada suatu kebudayaan. Antropolog yang terkenal di tanah air melalui karyanya “Religion of Java” itu menyatakan bahwa sistem simbol merefleksikan kebudayaan tertentu. Jadi, bila ingin menginterprestasi sebuah kebudayaan maka dapat dilakukan dengan menafsirkan sistem simbolnya.
Sistem simbol sendiri merupakan salah satu dari tiga unsur pembentuk kebudayaan. Kedua unsur lainnya adalah sistem nilai dan sistem pengetahuan. Menurut Geertz, relasi dari ketiga  sistem tersebut adalah sistem makna (system of meanging) yang berfungsi menginterprestasikan simbil dan pada akhirnya dapat menangkap sistem nilai dan pengetahuan dalam suatu kebudayaan.
Simbol maung dalam masyarakat Sunda terkait erat dengan legenda menghilangnya (ngahyangnya) Prabu Siliwangi dan Kerajaan Pajajaran yang dipimpinnya pasca penyerbuan pasukan Islam Banten dan Cirebon yang juga dipimpin oleh keturunan Prabu Siliwangi. Konon, untuk menghindari pertumpahan darah dengan anak cucunya yang telah memeluk Islam, Prabu Siliwangi beserta pra pengikutnya yang masih setia memilih untuk tapadrawa di hutan sebelum akhirnya ngahyang (moksa). Berdasarkan kepercayaan yang hidup di sebagian masyarakat Sunda, sebelum Prabu Siliwangi nga-hyang bersama para pengikutnya, beliau meninggalkan pesan atau wangsit yang dikemudian hari dikenal dengan sebagai “wangsit siliwangi”.
Salah satu bunyi wangsi yang populer di kalangan masyarakat Sunda adalah: “Lamun aing geus euweuh marengan sira, tuh deuleu tingkah polah maung” [1]. Ada hal menarik berkaitan dengan kata-kata dalam wangsit tersebut: kata-kata itu termasuk kategori bahasa Sunda yang kasar bila merujuk pada strata bahasa yang digunkan oleh masyarakat Sunda Priangan (undak-usuk basa). Mengapa seorang raja berucap dalam bahasa yang tergolong “kasar”?. Bukti sejarah menunjukkan bahwa kemunculan undak usuk basa dalam masyarakat Sunda terjadi karena adanya hegemoni dan budaya politik Mataram yang memang kental nuansa feodal, dan itu baru terjadi pada abad 17-beberapa abad pasca Prabu Siliwangi tiada atau ngahyang. Namun tinjauan historis tersebut bukanlah bertujuan untuk melegitimasi wangsit itu sebagai kenyataan sejarah. Bagaimanapun, masih banyak kalangan yang mempertanyakan validitas dari wangsit tersebut sebagai fakta sejarah, termasuk penulis sendiri.
Wangsit, yang bagi sebagian masyarakat Sunda itu sarat dengan filosofi kehidupan, menjadi semacam keyakinan bahwa Prabu Siliwangi telah bermetamorfosa menjadi maung (harimau) setelah tapadrawa (bertapa hingga akhir hidup) di hutan belantara. Yang menjadi pertanyaan besar; apakah memang pernyataan atau wangsit Siliwangi itu bermakna sebenarnya taukah hanya kiasan? Realitasnya, hingga kini masih banyak masyarakat Sunda (bahkan juga yang non-Sunda) meyakini metamorfosis Prabu Siliwangi menjadi harimau. Selain itu, wangsit tersebut juga menjadi pedoman hidup bagi sebagian orang Sunda yang menganggap sipat maung seperti pemberani dan tegas, namun sangat menyayangi keluarga sebagai lelaku yang harus dijalani dalam kehidupan nyata.
Dari sisi kita melihat terungkapnya sistem nilai dari simbol maung dalam masyarakat Sunda. Ternyata maung memiliki sipat-sipat yang seperti telah disebutkan sebelumnya menyimpan suatu tata nilai yang terdapat pada kebudayaan masyarakat Sunda, khusunya yang berkaitan dengan aspek perilaku (behaviour).
Kisah lain yang berkaitan dengan menjelmanya Prabu Siliwangi menjadi harimau adalah legenda hutan Sancang atau leuweung Sancang di Kabupaten Garut. Konon  di hutan inilah Prabu Siliwangi beserta para loyalisnya menjelma menjadi harimau atau maung. Proses penjelmaannya pun terdapat dalam beragam versi. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada yang mengatakan bahwa Prabu Siliwangi menjelma menjadi maung setelah menjalani tapadrawa. Tetapi ada pula sebagian masyarakat Sunda yang berkeyakinan bila Prabu Siliwangi dan para pengikutnya menjadi harimau karena keteguhan pendirian untuk tidak memeluk agama Islam. Menurut kisah tersebut, Prabu Siliwangi menolak bujukan putranya yang telah menjadi Muslim, Kian Santang, untuk turut memeluk agama Islam. Keteguhan sikap itu yang mendorong penjelmaan Prabu Siliwangi dan para pengikutnya menjadi maung. Akhirnya, Prabu Siliwangi pun berubah menjadi harimau putih,sedangkan para pengikutnya menjelma menjadi harimau loreng.
Hingga kini kisah harimau putih sebagai penjelmaan Prabu Siliwangi itu masih dipercaya kebenarannya oleh masyarakat di sekitar hutan Sancang. Bahkan, kisah ini menjadi semacam kearifan lokal (local wisdom). Menurut masyarakat di sekitar hutan, bila ada pengunjung hutan yang berperilaku buruk dan merusak kondisi ekologis hutan, maka ia akan ‘berhadapan’ dengan harimau putih yang tak lain adalah Prabu Siliwangi. Tidak masuk akal memang, namun di sisi yang lain, hal demikian dipandang sebagai pengetahuan masyarakat yang berhubungan dengan ekologi. Masyarakat Sancang telah menyadari arti pentingnya keseimbangan ekosistem kehutanan, sehingga diperlukan instrumen pengendali perilaku manusia yang seringkali berhasrat merusak alam. Dan mitos harimau putih jelmaan Prabu Siliwangi lah yang menjadi instrumen kontrol sosial tersebut.
Namun, serangkaian kisah yang mendeskripsikan korelasi antara Prabu Siliwangi dengan mitos maung itu tetap saja menyisakan pertanyaan besar, apakah itu semua merupakan fakta sejarah? Siapa Prabu Siliwangi sebenarnya dan darimanakah mitos maung itu muncul pertama kali.

Rabu, 01 Januari 2020

Paling Tenang

Pantai Padang (foto by Kurniawan B.S)
By: Asa Saefulloh
Orang paling tenang hidupnya bukan yang banyak hartanya, bukan yang mapan finansialnya, bukan pula yang tinggi jabatannya
Justru yang paling tenang hidupnya, ialah ia yang paling sadar bahwa dirinya sejatinya tak punya apa-apa, sedangkan apa-apa dalam hidupnya, ia sadari sepenuhnya, semua milik Rabb nya...
Orang yang paling tenang hidupnya bukan yang kuat fisiknya, bukan yang cerdas akalnya, bukan pula yang merasa sudah hebat dengan segala pencapaian dalam hidupnya
Justru yang paling tenang hidupnya, ialah ia yang merasa bukan siapa-siapa, tak bisa apa-apa, sedangkan semua pencapaian dalam hidupnya, ia sadari sepenuhnya, semua karena pertolonganNya...
Orang yang paling tenang hidupnya, bukan ia yang banyak koneksinya, banyak relasinya, banyak kenal "orang penting" dalam hidupnya
Justru yang paling tenang hidupnya, ia yang merasa tak punya siapa-siapa yang bisa membantu kehidupannya selain Rabb nya, hingga tak mau sedetik saja ditinggalkan olehNya
Maka...
Jika sering tertekan batinmu, kecewa hatimu, dan gelisah kehidupanmu, coba cek kembali dirimu, bisa jadi sudah banyak "merasa"
Merasa punya, merasa tahu dan merasa mampu. Hingga akhirnya sedikit sekali terasa peran Allah dalam hidupmu
Kembali sadari bahwa diri ini bukan siapa-siapa, tak punya apa-apa, tak mampu melakukan apa-apa, semua yang nampak dalam diri hanya karena satu hal "Kasih Sayang dari-Nya, Allah SWT.
Sragen, 28 Desember 2019

2020


Alhamdulillah
Alloh SWT memberi kesempatan untuk memasuki hitungan tahun 2020.
Di tengan berbagai dinamika hidup
Naik turun, berputar mengikuti peta takdir
kadang cepat seperti roller coaster
kadang juga lambat seperti roda pedati
tak ada yang pantas sebagai hamba
selain bersyukur....

Kita tak pernah memiliki
bahkan nyawa kita sendiri
hanya titipan
ya titipan 
yang pasti Alloh ambil
kapan saja

Jangan pernah merasa memiliki
Harta kuasa dan semua atribut hidup
semua fana...fana!
Jangan sok kuasa sok berharta
jauhi sifat adigang adigung adiguna


Sabtu, 28 Desember 2019

Sebelas Kunci Sehat

Emha Ainun Nadjib. Sumber caknun.com
Dulur-dulur semua, saya diamanati untuk mengungkapkan hal-hal menyangkut kesehatan hidup kita. itu tidak berarti saya yang paling sehat diantara kita semua. Alhamdulillah Alloh SWT selalu sayang dan memelihara kesehatan saya sampai umur 64 sekarang, alhamdulillah. Tapi tidak berarti sayalah yang paling pantas untuk ngomong tentang kesehatan. Karena mungkin saja orang yang paling tahu tentang kesehatan adalah orang sakit. Jadi tolong yang penting apa yang diungkapkan  tidak usah dpertimbangkan saya sehat atau sehat.
1.      Hidup sehat atau kesehatan hidup merupakan gabungan antara kesehatan jiwa kesehatan badan, dan kesehatan hubungan manusia dengan Tuhan. Gabungan itu artinya dia bersifat dialektis terkait satu sama lain serta bersifat komprehensif atau dia saling mendukung satu sama lain diantara unsur-unsur badan atau jasad dengan jiwa /rohani dengan posisi hubungan manusia atau mahluk apapun siapapun dengan Tuhan. Itu prinsip dasarnya. Tuhan adalah yang membikin manusia yang membikin rohani dan  jasadnya serta memberi ketetapan tentang suatu sistem kehidupan yang hasilnya adalah hidup sehat. Oleh karena itu ketergantungan mahluk untuk sehat atau tidak sehat  itu nomor satu adalah pada yang menciptakannya yaitu Alloh SWT,
2.      Oleh karena prinsip dasar seperti itu maka  kesehatan jasad tidak bisa berdiri atau bekerja sendiri, ia berposisi saling tergantung dengan kesehatan jiwa/ruhani dan sehatnya hubungan dengan Alloh SWT dari hari ke hari. Kita tahu  ilmu kesehatan modern sangat rajin meneliti dengan seksama hal-hal yang menyangkut  kesehatan jasad ada juga sedikit ditemukan kaitannya dengan kesehatan psikologi/psikis tetapi tidak sampai pada spektrum kesehatan rohani dimana Tuhan  disadari adalah pangkal ujung sehat dan sakitnya semua mahluk termasuk kita semua .
3.      Khusus untuk mengenali posisi Tuhan, Tuhan itu  itu memiliki hak mutlak atas sehat atau sakitnya apa saja yang ia ciptakan. Tuhan tidak berpihak pada sehatnya manusia berdasarkan konsep manusia tentang sehat. Sehat dan sakit menurut Tuhan berbeda, atau sangat berbeda atau bahkan bisa sangat terbalik dibanding sehat dan sakit menurut ilmu kita, menurut keperluan dan kepentingan manusia. Kesehatan dimata Tuhan, adalah keberadaan manusia dalam kepatuhan terhadap kehendak-Nya. Maka pemahaman atas kesehatan manusia bisa terbalik dari konsep kesehatan menurut Tuhan.
4.      Ada kemungkinan-kemungkinan yg mungkin tidak terbatas jumlahnya. Tuhan bisa memberi sakit kepada manusia  tapi fungsinya adalah penyehatan jiwa. Tuhan memberi sakit atau penyakit kepada manusia maksud atau  posisinya bisa saja sebagai ujian, atau pendidikan, atau peringatan atau mungkin hukuman. Sebaliknya Tuhan memberi sehat kepada manusia juga bisa merupakan  ujian atau pendidikan atau  peringatan atau hukuman. Jadi sehat dan sakit menurut kita ternyata bisa sangat terbalik dengan sehat dan sakit menurut Tuhan, tergantung kita bisa menemukan nda latar belakang kenapa Tuhan bikin kita sakit dan kenapa Tuhan bikin  kita sehat . Sakitnya manusia bisa membuatnya  bersikap rendah hati dan sadar ketergantungannya kepada Tuhan sementara  sehatnya manusia bisa merupakan semacam azab yang membuatnya sombong dan tergelincir hidupnya serta kelak tiba di Tuhan tidak dalam posisi seperti Tuhan menghendaki-Nya  ketika  Tuhan menciptakan kita semua.
5.      Demikan juga konsep Tuhan tentang hidup dan matinya manusia tidak sama dengan pamahaman kita dengan pemahaman manusia. Banyak dialami sakit berlanjut ke kematian tapi bisa juga kematian terjadi tanpa sakit sebagai sebab muhababnya. Di Dalam konsep Tuhan sakit dan mati bisa berkait bisa juga tidak berkait. Terserah-serah Tuhan. Tuhan menghidupkan dan mematikan hanya terkait dengan kehendak-Nya  itu sendiri. Tidak harus berhubungan sakit atau tidak sakit. Hidup dengan selalu menjaga kesehatan tidak harus diartikan supaya awet hidup dan tidak cepat mati. Yang paling murni dan masuk akal adalah menjaga kesehatan karena kesetiaan kepada Tuhan yang telah menitipkan jasad dan ruh ini  kepada manusia dan kepada kita semua.
6.      Manusia mencari dan menemukan amat sedikit dari ilmu kesehatan yang Tuhan maha menguasai keseluruhannya. Manusia wajib berikhtiar merawat kesehatannya tetapi hakikinya Alloh yang mengambil keputusan tentang sehat tidaknya manusia. Manusia wajib menjalani hidup yang sehat tetapi Tuhan  berhak menentukan orang yang merawat kesehatannya diambil nyawanya terlebih dulu dibanding yang orang yang berlaku seenaknya terhadap kesehatan hidupnya.Itu terserah-serah  Tuhan dan kita sebaiknya kita tidak usah membantah, mengabdi dan ikut saja kepada Tuhan. Untuk itu tidak ada gunanya menyalahkan Tuhan atas keputusannya yang dari sudut kepentingan kita seolah-olah semena-mena dan diktator itu. Sebab setiap kondisi sehat atau sakit dalam satu titik, di suatu area, penggalan atau peta dalam proses kehidupan baru bisa dinilai kesejatian sehat atau tidaknya kelak pada momentum tertentu di alam yang rumusnya adalah komprehensif dunia akhirat.Kita hanya mengenal sepetak kecil dari urusan dunia dan kita sebenarnya tidak berada pada posisi yang ilmiah untuk mengambil keputusan saat ini juga mengenai sehat atau sakit. Itulah sebabnya manusia memerlukan iman takwa dan tawakal kepada Tuhan dalam keadaan sakit atau sehat. Semua kondisi ilmu dan pemahaman tentang kondisi kesehatan selalu dimasukan dalam spektrum iman takwa dan tawakal. Kalau mau gampangnya “ Sehat ya monggo, sakit ya monggo”  asal tetap berada di dalam iman takwa dan tawakal. Ukurannnya itu.
7.      Manusia meneliti sakit  dan sehat kemudian berikhtiar mengobati tetapi manusia tidak mampu berposisi untuk menyembuhkan, manusia menanam benih tapi Tuhan yang menyemaikan. Manusia berjuang Tuhan yang menentukan pencapaian atau kegagalan. Tuhan bisa berlaku sesuai dengan rumus kesehatan manusia misalnya menyembuhkan orang yang sakit yang diobati oleh manusia tetapi Tuhan berhak melakukan variasi perilaku yang lain. Ia bisa tidak menyembuhkan orang yang diobati atau menyembuhkan orang yang tidak diobati. Tuhan bisa mengabulkan kesembuhan seseorang berdasarkan pengetahuan kedokteran dan farmasi bisa juga tidak menyembuhkannya atau malah menyembuhkan dengan obat  yang lain sama sekali bahkan malah ditentang oleh kedokteran dan farmasi.
8.      Kalau dokter, tabib, dukun atau siapun disebut menyembuhkan sesorang dari sakitnya dengan menggunakan obat atau ramuan atau perlakuan yang dikenal baku dan diakui oleh ilmu manusia, mohon ijin kesimpulannya bukan ilmu dan obat itu pasti benar. Kesimpulan yang lebih waspada ialah, Tuhan mengabulkan kesembuhan melalui apa yang diyakini dan dipergunakan oleh dokter atau tabib dan dan dukun itu. Sementara di saat yang lain Tuhan bisa tidak mengabulkannya atau justru memberi manusia pengalaman dimana seseorang menjadi sembuh tidak berdasarkan ilmunya manusia tentang kesehatan dan pengobatan melainkan ilmu yang tidak dikenal oleh manusia sama sekali.
9.      Seseorang yang dekat dengan Tuhan mengeluh,” Yaa Alloh sembuhkan perutku!”, Tuhan menjawab, “Baiklah ambil daun itu dan makanlah”. Belum sampai ia memakan daun itu perutnya sembuh. Kemudian ketika perutnya sakit lagi, orang itu langsung mengambil daun itu ternyata perutnya tidak sembuh-sembuh meskipun telah sekian lembar daun telah ia makan. Orang itu memprotes,”Yaa Alloh ketika aku sakit perut engkau memerintahkan aku untuk menyembuhkan pakai daun itu, kenapa kali ini tidak sembuh perutku!”. Tuhan menjawab,”Waktu sakit yang pertama engkau mengeluh dan minta tolong kepada ku tapi yang kedua engkau tidak minta tolong kepadaku melainkan langsung mengambil daun itu maka perutmu tetap sakit karena daun dan apapun tidak bisa menyembuhkan sakit perut dan sakit apapun. Yang bisa menyembuhkan dan yang berkehendak menyembuhkan adalah kemauan dan kasih sayang-Ku”.
10.  Oleh karena itu syarat kesehatan hidupnya manusia ada 2 yang sebaiknya kita pilih meskipun kita bisa saja dibiarkan oleh Tuhan tetap sehat tanpa memilih keduanya. Pertama memastikan secara permanen dan simultan pemfokusan hati kita kepada Tuhan, hati kita bertauhid pikiran kita bertauhid, setiap helaan nafas bertauhid, setiap langkah bertauhid, arah hdup kita bertauhid, pekerjaan kita bertauhid, senang dan susah kota bertauhid, kaya dan miskin kita bertauhid.  Kedua, berpikir hakiki, berpikir sehat, berpikir jujur, berpikir positif, berpikir kompatibel dengan kemauan Tuhan. Roh dan jasad manusia adalah sebuah organisme sebuah sistem, satu putaran ekosistem,  hardware maupun bersama dengan softwarenya. Setiap ketidakjujuran rohani, tidak kejujuran hati dan pikiran akan mengubah manajemen ekosistemik  didalam hidup kita sehingga potensial untuk menjadi disrupsi, mismanajemen, kekacauan,  dekontsruksi, atau kekacauan atau kerusakan susunan-susunan, kerjasama di dalam roh, syaraf dan jiwa kita termasuk semua unsur jasad-jasad kita sehingga produknya adalah sakit.
11.  Maka hidup yang paling potensial untuk sehat adalah menghormati dan patuh kepada hakikinya kehendak Tuhan, kemudian membuka diri pada setiap kemungkinan pada ilmu manusia menyangkut sehat dan sakit. Tidak ada ukuran ilmu kesehatan modern atau tradisional, tidak ada acuan ini dokter, atau dukun , atau  tabib atau mungkin orang biasa yang dianggap tidak ekspert dalam kesehatan. Ukuran yang sejati dan yang lebih dekat kepada kesehatan hanyalah kejujuran ilmu kesehatan di tangan siapapun serta sadar ketergantungan kepada kehendak Alloh. Dari Alloh kita hindari amarah-Nya dan kita upayakan dekat kepada kasih sayang-Nya. Ini sudah ditulis dan bisa diperbanyak, tidak harus dipahami sekarang, tapi mudah-mudahan setiap yang kita dengarkan bisa menjadi benih yang tertanam sehinga dia akan ditumbuhkan oleh Tuhan bersemai berdaun berbatang kemudian munculah buah-buah kesehatan di dalam hidup kita masing-masing dan  semuanya entah dalam waktu seberapa lama terserah-serah Alloh SWT.

Tulisan ini bersumber dari link Sebelas Kunci Sehat yang dituturkan oleh Emha Ainun Nadjib.




Masihkah Tidak Bersyukur

Teman kantor cerita sehabis menjenguk suami temannya di Rumah Sakit.
Diagnosa dokter terkena Meningitis!
Sudah beberapa hari koma.
Padahal seminggu yang lalu masih sehat-sehat saja.
Tidak ada tanda-tanda terserang penyakit berbahaya.

Gejala awalnya seperti flu
tidak enak badan dan sakit kepala.
Terus mengalami kehilangan memori
Tidak ingat sesuatu yang terjadi dua tahun belakangan
jadi pelupa dan akhirnya sampai tidak sadarkan diri.

Duh ya Robb!
Jiwa dan raga ini memang sepenuhnya ada dalam kuasa-Mu.
Terkadang aku takut terhadap apa yang akan terjadi!
Apapun dan bagaimanapun aku ingin husnul khotimah!
akhir yang baik!
Aamiin Yaa Robb!

Menyisakan Ketidakpercayaan

Bulan-bulan terakhir ini banyak sekali pembelajaran hidup. Terima kasih telah memberikan bahan untuk belajar. Sangat berharga sekali. Sering...